Peniliti buktikan ternyata ayam hewan yang cerdas

Peniliti buktikan ternyata ayam hewan yang cerdas

Assalamu’alaikum bunda.. sudah banyak hewan yang diakui kecerdasannya seperti lumba-lumba atau simpanse. Lalu bagaimana dengan ayam ?

Jumlahnya mencapai 19 miliar ekor  menjadikannya sebagai salah satu spesies vertebrata paling banyak di bumi. Namun banyak orang tak melakukan kontak dengan unggas ini karena ayam hanya dianggap hewan unggas tak cerdas yang tak memiliki karakteristik psikologi yang rumit.

Namun ayam merupakan hewan yang cerdas, mereka bisa menghitung, menunjukkan kesadaran diri, dan bahkan memanipulasi satu sama lain. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Peneliti senior dari lembaga The Someone Project Lori Marino, ayam memiliki kepribadian, mampu memahami urutan hierarki dalam kelompok, dan bisa mengambil kesimpulan.

Berikut beberapa fakta yang menunjukan bahwa ayam adalah hewan yang cerdas :

Penelitian Marino menunjukkan kemampuan ayam dalam memahami angka. Beberapa eksperimen dengan menggunakan ayam yang baru menetas menunjukkan kemampuan unggas itu dalam memilah jumlah.

Ayam memiliki kemampuan untuk mengurutkan angka secara sederhana. Peneliti mengujinya dengan memperlihatkan dua set benda dengan jumlah berbeda kepada seekor ayam berusia lima hari. Benda yang berada di balik layar itu kemudian disembunyikan. Ternyata, ayam itu mampu memilih benda dengan jumlah yang lebih banyak.

Ayam juga memiliki kemampuan mengingat lintasan bola yang terlihat hingga 180 detik.

Jika perpindahan bola itu tidak terlihat, ayam bisa mengingatnya hingga sekitar satu menit. Kemampuan ini serupa dengan kebanyakan hewan primata. Hewan unggas itu juga mampu menahan diri untuk mendapatkan makanan yang lebih baik. Ayam juga memiliki kemampuan memosisikan diri dalam hierarki kelompoknya. Dua kemampuan itu menjadi bukti ayam memiliki kesadaran diri.

Pola komunikasi ayam pun cukup rumit, berkomunikasi dengan banyak variasi gerak tubuh dan 24 jenis vokal.

Mereka bisa memahami beberapa pola komunikasi seperti memanggil, menunjukkan, dan bersiul untuk memberi informasi. Ayam juga menggunakan kemampuan ini untuk menginformasikan bahaya. Dan mampu memahami jeda waktu dan bisa mengantisipasi peristiwa yang akan terjadi. Termasuk hewan sosial yang memiliki kemampuan memahami ayam lain. Yaitu memiliki kemampuan berempati secara sederhana.

Ayam bisa merasakan beberapa emosi negatif dan positif termasuk takut, antisipasi, dan gelisah.

Dengan bekal itu, ayam mampu menentukan keputusan yang terbaik untuk dirinya. Ayam juga bisa belajar. Anak ayam menunjukkan kemampuan untuk belajar dari perilaku induknya. Tak hanya itu, ayam juga bisa belajar dari perilaku ayam lain.

Sumber : Republika.com

 

Close Menu
>