Musim peralihan, Lindungi anak dengan tips jitu ini

Musim peralihan, Lindungi anak dengan tips jitu ini

Assalamu’alaikum bunda.. saat memasuki musim peralihan atau musim pancaroba biasanya anak cenderung rentan sakit. Flu, demam, batuk, radang tenggorokan, diare bahkan demam berdarah bisa mengintai si kecil termasuk anggota keluarga lainnya.

Kondisi seperti ini membuat Bunda dan Ayah perlu melakukan persiapan ekstra untuk memastikan kesehatan sikecil. Lantas bagaimana cara melindungi sikecil agar tidak mudah terkena sakit saat musim peralihan? Berikut tipsnya:

  •  Konsumsi Minuman Hangat

    Rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh si Kecil. Jadi saat musim penghujan, perbanyaklah mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti teh atau jahe hangat. Makanan seperti sup, bakso, atau cream soup juga berfungsi menghangatkan tubuh anak bunda, lho.

  • Perbanyak Asupan Vitamin C

    Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.Bunda selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika memerolehnya dari sumber yang alami. Vitamin C banyak terkandung dalam buah jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah. Agar lebih bervariasi, coba buat menjadi jus, smoothie, dessert sehat, atau dicampurkan dalam semangkuk oats sebagai menu makan pagi.

  • Kurangi Gorengan

    Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, karena makanan yang satu ini penuh dengan minyak sehingga dapat berpengaruh langsung ke tenggorokan atau bisa menyebabkan Anda mudah terserang flu. Dan jika Anda mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak, hal ini juga bisa menganggu daya tahan tubuh.

  • Segera Mandi Setelah Kehujanan

    Penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh Si kecil mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya si kecil segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat Bunda mencoba mengeringkan badan si kecil, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

  • Kenakan Pakaian, Jilbab yang Tebal dan Hangat

    Baju yang Si kecil kenakan juga akan memengaruhi kesehatan tubuh di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju tipis dan transparan, terlebih jika Bunda dan si kecil sering beraktivitas di luar ruangan. Sweater dan jilbab anak yang tebal dan hangat akan menjaga tubuh Anak Bunda dari udara dingin saat musim hujan seperti gambar dibawah. Dan yang pastinya, jangan lupa membawa payung atau jas hujan dalam tas!

Menjaga kesehatan tubuh si kecil agar tetap bisa tertawa riang di musim pancaroba memang membutuhkan usaha ekstra dari Bunda. Namun dengan  melakukan Tips jitu di atas dijamin si kecil dan bunda akan tetap bebas dari segala jenis penyakit yang mungkin menyerang.

 

Close Menu
>