Mengambil hikmah dari Kupu-Kupu

Mengambil hikmah dari Kupu-Kupu

Assalamu’alaikum bunda.. Ada pelajaran yang bisa diambil dari hal terkecil apapun, bukankah seorang muslim harus pandai mengambil hikmah dari setiap kejadian ? kali ini kita akan mengajarkan si kecil cara mengambil hikmah dari seekor kupu-kupu..

Membaca fenomena metamorfosis kupu-kupu. Maka pikiran akan menemukan cakrawala baru tentang proses luar-biasanya. berproses dari telur lalu ulat menjadi kepompong dan kepompong menjadi kupu-kupu.

Belajarlah pada kupu-kupu. Bukankah kupu-kupu terlihat elok rupawan dan memukau banyak mata? Kupu-kupu adalah simbol perubahan. Melalui metamorfosis kita melihat siklus perjuangan dan perubahan..

Tahap menjadi ulat di mana tubuh merayap, seperti anak merangkak di lantai. Demikian pula, apa yang dialami setiap manusia melewati beberapa ujian yang membuat ia terus tumbuh . Merangkak seperti ulat belajar pada kehidupan. Meskipun tidak tahu seperti apa kelihatannya nanti, manusia tetap harus merangkak dan belajar untuk bertahan dalam ujian nya. Bertahan dan bersabar dalam kondisi terburuknya, karena kehidupan teruslah berputar. Disaat mengalami kondisi yang paling terburukpun manusia pantas untuk bertahan hidup dan berusaha untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Berikanlah arahan kepada sikecil untuk terus berjuang dan bersabar jika si kecil mengalami kejadian yang membuat ia sedih atau terpuruk. Berikanlah contoh seperti kupu-kupu dimana disaat ia menjadi ulat kupu kupu tetap bertahan hidup dan berusaha menjadi kupu kupu yang cantik.

Pada saat kupu kupu berubah menjadi kepompong seperti puasa berbulan-bulan, menahan lapar dan haus.. menyendiri dan menutup diri dan memperbaiki agar berhasil menjadi kupu-kupu. Disaat ini kita diajarkan bahwa manusia harus lebih banyak belajar tentang cintanya kepada Sang Pencipta.. belajar tentang hubungannya dengan Allah SWT. Disaat ia menemukan cintanya dengan Allah SWT dan banyak bermuhasabah maka ia harus bisa bersabar dan kuat saat keluar dari zona nyamannya. Karena disaat kondisi ternyaman datang kepadanya itupun merupakan ujian. Kondisi ternyaman dan terburuk adalah sama sama ujian yang harus dilewati. Bedanya jika kondisi ternyaman kita harus melewatinya dengan penuh syukur dan sukacita, dan jika kondisi terburuk dialami haruslah kita melewatinya dengan syukur dan sabar.

Dan tahap menjadi kupu-kupu adalah dimana setiap usaha membuahkan hasil, setiap proses yang dilewati dengan sabar, keyakinan, dan perjuangan bukan proses yang instan, maka ajarkanlah sikecil bahwa jika ingin mencapai sesuatu tidak ada yang instan harus melewati setiap ujiannya. Seperti halnya kupu-kupu yang membutuhkan waktu 14-16 hari dari ulat untuk bisa menjadi kupu-kupu. Dan untuk keluar dari kepompongpun tidak bisa secara instan misal dibantu dikeluarkan manusia justru akan mengakibatkan kupu-kupu cacat tidak bisa terbang.

Itulah proses yang bisa diambil dari metamorfosis kupu-kupu, semoga kita, bunda dan sikecil bisa mengambil hikmah mesti dari seekor hewan kecil yang cantik ini ya..

 

Close Menu
>